Friday, February 26, 2016

Daftar Wisata Pantai Di Sumatra Utara

Ditempat ini intonasi suara sangat keras dan terkenal keras pada orang orang yang berada ditempat ini, namun tidak dengan destinasi tempat wisata disini sangat menggiurkan mata kita hinga tak berhentinya berucapnya rasa syukur terhadap Tuhan atas indahnya ciptannya.

Masyarakat sumatera utara yang dikenal dengan suku batak sangat memelihara warisan budaya meraka. Pesona dari Tradisi budaya ini tercermin disejumlah desa yang bisa Anda lihat yang memperlihatkan wajah asli dari Sumatera Utara yang sesungguhnya.

Yang tidak kalah adalah pesona dari keindahan alam banyak terdapat di Sumatera Utara Dari Danau Toba sampai Bukit Lawang yang merupakan tempat salah satu komunitas terbesar dari Orang Utan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Utara:

Danau Toba



Keindahan Danau Toba
Danau Toba memang selalu memberikan suasana yang menyenangkan bagi para pengunjung yang datang. Dengan udara yang sejuk menyegarkan hamparan air danau yang jernih dan pemandangan sekitarnya yang hijau mempesona adalah sebagian kecil saja dari keajaiban Danau Toba yang merupakan danau rakasasa yang ada di 900 mdpl.

Danau Toba dengan luas sekitar 1.145 kilometer persegi lebih layak menyerupai sebuah lautan daripada sebuah danau karenanya Danau Toba merupakan danau yang paling luas se Asia Tenggara dan paling luas kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Ditengah danau Toba juga terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Samisir yang luasnya hampir seluas negara Singapura. Danau ini juga adalah merupakan danau dengan kedalaman paling dalam di dunia yaitu sedalam 450meter.

Pulau Samosir



Pesona Pulau Samosir
Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang ada di tengah-tengah danau Toba yang sangat terkenal. Pulau ini unik dan sudah lama dijadikan sebagai tujuan wisata namun demikian keindahan alam Pulau Samosir belum terjamah. Pulau Samosir merupakan pulau vulkanik diketinggian 1000 mdpl. Dan uniknya juga di Pulau Samosir juga terdapat 2 buah danau yang indah yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Masyarakat di Pulau Samosir yang sebagian besar adalah petani dan nelayan sangat ramah sehingga para pengunjung yang datang akan betah berada ditempat ini. Saat ini pemerintah daerah Samosir sedang gencar melakukan promosi pariwisata di Pulau Samosir sehingga makin banyak para wisatawan yang berkunjung.

Air Terjun Sipiso Piso



Air Terjun Sipiso piso Yang Menakjubkan
Air terjun Sipiso piso memiliki ketinggian sekitar 120 meter sehingga disebut sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini terletak di sekitar danau Toba sebelah Utara dengan ketinggian sekitar 800 mdpl.

Masyarakat setempat menamai Air terjun ini Sepiso Piso karena menganggap Air terjun ini seperti layaknya pisau yang tajam dengan derasnya air yang berjatuhan menghujam kebawah. Orang orang setempat juga menyebut air terjun ini Piso dari Tanah Karo karena melihat jurang yang curam dari puncak bukit.

Mesjid Raya Medan



Mesjid Raya Medan Yang Cantik dan Megah
Mesjid Raya Medan yang juga bernama Mesjid raya Al Mashun ini adalah Mesjid yang berada di kota medan dengan Arsitektur bergaya khas Timur tengah, Spanyol dan india. Mesjid ini awal dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909 dan berbentuk segi delapan dan memiliki sayap disemua sisi bagian yaitu di bagian utara, selatan, barat dan timur.

Mesjid Raya Medan dibagun pada saat kesultanan Deli dimasa pemerintahan Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam dengan biaya sekitar 1 juta gulden. Rampungnya pembangunan Mesjid ini ditandai dengan pelaksanaan Shalat Jum’at pertama kali pada tanggal 10 September 1909. Mesjid ini sengaja dibangun oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid lebih megah dibanding istananya sendiri yaitu istana Maimun.

Dolok Tinggi Raja



Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
Di Dolok tinggi raja yang adalah merupakan kawasan cagar Alam terdapat sebuah objek wisata kawah putih yang biasa diberi nama kawah putih tinggi raja dengan luas sekitar 30 hektar. Karena objek wisata ini masuk kedalam cagar Alam maka cukup sulit untuk berkembang.

Alasan lain objek wisata ini kurang berkembang karena perhatian dari pemerintah daerah yang sangat kurang dimana akses jalan untuk menuju ke lokasi yang rusak dan jalan yang terjal. Padahal kawah putih ini sudah ditemukan sejak ratusan tahun yang lalu.

Untuk sampai ke lokasi sampai saat ini belum ada kendaraan umum yang menuju kawasan ini. Dan untuk menuju ke daerah cagam alam Dolok Tinggi raja harus menempuh jarak sekitar 95 KM dari kota Medan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Rute yang bisa diambil sebagai berikut : Dari Kota Medan melewati persimpangan Kota Lubuk Pakam lalu menuju Galang kemudian melewati Dolok Masihul lalu masuk kepersimpangan Nagori Dolok dan sampailah ke kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Taman Nasional Gunung Leuser



Pintu Masuk Taman Nasional Gunung Leuser
Taman nasional Gunung Leuser yang biasa dikenal dengan TNGL merupakan suatu kawasan pelestarian alam yang letaknya berada diantara Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Taman ini banyak dikenal menghasilkan kopi dan tembakau kelas dunia.

Selain mengkasilkan kopi dan tembakau di tempat ini juga banyak dijumpai buah-buahan tropis seperti rambutan, durian, alpukat, mangga, jeruk, pepaya dan lainnya. Kalau Anda masuk ke taman Nasional ini melalui Bukit Lawang Sumatra Utara akan dapat menemukan Orang Utan yang mengesankan dan Anda pun dapat berinteraksi dengan mereka.

Taman ini sendiri mengambil nama dari Gunung Leuser di Aceh yang memiliki tinggi 3404 Mdpl. Taman ini banyak dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, pariwisata maupun rekreasi sehingga pengelolaannya menggunakan sistem zonasi.

Gunung Sibayak



Keindahan Gunung Sibayak dari Kejauhan
Keunikan dari Gunung Sibayak banyak menarik para wisatawan pecinta alam untuk menguji adrenalinnya untuk sampai kepuncak gunung ini. Keunikannya yaitu kondisi bebatuan yang tidak beraturan dipuncaknya. Kondisi batu yang tidak beraturan disebabkan karena letusan gunung yang terjadi beberapa waktu lalu yang mengakibatkan guncangan pada bebatuannya.

Selain indahnya pemandangan di puncak Gunung, aliran air yang ada di gunung ini juga sangat segar, dingin dan jernih,  penduduk disekitar banyak yang memanfaatkan air dari gunung sibayak sebagai sumber air minumnya. Inilah kenapa Air Minum Kemasan Terkenal memanfaatkan air disini menjadi salah satu sumber airnya.

Lokasi Gunung Sibayak berada didataran tinggi Karo Kabupaten karo Sumatra Utara. Gunung yang sering menjadi objek pendakian ini memiliki tinggi 2.094 mdpl. Puncak tertinggi dari Gunung Sibayak diberi nama “Takal Kuda” yang artinya dalam bahasa Karo adalah “Kepala Kuda”.

Kampung Madras Medan/Kampung Keling



Kuil di Kampung Madras
Di Medan tepatnya disekitar kecamatan Polonia dan Medan petisah terdapat suatu kawasan dimana banyak penghuni dan penduduknya berperanakan India. Ditempat ini sebuah kuil tertua yaitu kuil Sri Mariamman dan juga kelenteng terbesar di Medan yaitu Vihara Gunung Timur.

Awalnya dulu kampung ini disebut dengan nama Petisah, namun diganti menjadi Madras kaarena nama tersebut mencerminkan tanah asal warga keturunan India yang ada disana. Akan tetapi nama Kampung Madras tidak populer dan warga sekitar banyak yang menggunakan nama Kampung Keling.

Setelah pada tahun 1950-an penduduk dikawasan ini banyak yang pindah ke daerah lain karena keadaan ekonomi yang sulit sehingga warga keturunan India disana berkurang bahkan Kampung Keling saat ini lebih banyak warga keturunan Tionghoa dibanding keturunan India.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit



Pesona Air Terjun Dwi Warna
Air terjun telaga Dwi Warna atau juga yang dinamakan Air terjun Telaga Biru Sibolangit terbentuk dari letusan gunung Sibayak pada ratusan tahun yang lalu. Air terjun ini berlokasi di hulu sungai Sinembah 1 dan berada  diketinggian 1475 mdpl serta air terjun ini memiliki ketinggian air sekitar 75 meter.

Air terjun ini terbagi menjadi dua buah yang dipisahkan oleh beberapa air terjun kecil sebagai penghias tebing. Air terjun yang satu berwarna biru dengan air yang dingin sedangkan yang satunya lagi berwarna putih bening dengan air yang terasa hangat.

Orang-orang menyebutnya air terjun Dua warna karena air terjun yang turun dari ketinggian dan tertampung didalam sebuah danau kecil dan didanau inilah air tersebut terlihat memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih ke abu-abuan, itulah yang menjadikan Air terjun ini sangat unik.

Air Terjun Sigura-gura



Air Terjun Sigura-gura
Air terjun sigura gura memiliki ketinggian sekitar 250 meter dan disebut sebagai air terjun tertinggi di Indonesia melebihi air terjun Madakaripura di Probolinggo dengan tinggi 200 meter juga Air terjun Payakumbuh di Sumbar yang memiliki tinggi sekitar 150 meter. Air terjun Sigura gura letaknya dekat dengan danau Toba atau sekitar 250 KM dari Kota Medan sehingga banyak para wisatawan asing ataupun lokal yang berkunjung ke Air terjun ini.

Air terjun si Gura Gura asalnya dari aliran sungai Asahan yang bersumber dari tanau Toba. Air terjun ini sangat terkenal karena begitu indah dan menakjubkan dengan dentuman suara air terjun yang jatuh kebawah terdengar sampai dikejauhan. Aliran sungai dari Air Terjun SiGura Gura juga seringkali digunakan sebagai tempat diselenggarakannya perlombaan Arung Jeram tingkat Nasional maupun Internasional.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake



Keindahan Pantai Sorake
wisata pantai lagundri
Surfing di Pantai Lagundri
Pantai Lagundri dan pantai Sorake memiliki ketenaran yang bisa dibandingkan dengan pantai yang ada di Hawaii karena kedua pantai ini juga terkenal sebagai lokasi untuk berselancar bertaraf Internasional dan selain itu juga kedua pantai ini mempunyai panorama yang cantik dan menawan. Pantai Lagundri dan Sorake berjarak sekitar 12Km dari teluk Dalam ibukota Nias Selatan Sumatera utara dan jarak antara kedua pantai tersebut hanya sekitar 2km saja.

Banyak para penggila olah raga selancar dari luar negri untuk datang ke lokasi dua pantai ini terutama pada bulan April hingga September tiap tahunnya karena kedua pantai ini memiliki gelombang ombak mencapi 7-10 meter dengan lima tingkatan. Selain itu panjang ombak bisa mencapai sampai dengan 200 meter terlebih pada saat bulan purnama ombak akan semakin menantang dan menarik.

Kedua pantai ini terutama pantai Lagundri sudah seringkali menyelenggarakan perlombaan selancar nasional maupun internasional salah satunya Kejuaraan Nias Open yang telah rutin diselenggarakan dimana banyak peselancar luar negri terutama Australia ikut serta didalamnya.

Pulau Nias



Atraksi Lompat Batu di Pulau Nias
Pulau Nias berada di jarak 125 km dari pantai barat Sumatra yaitu di Samudera Hindia, Pulau ini dikelilingi oleh sekitar 27 pulau-pulau kecil dimana baru 11 pulau yang sudah berpenghuni termasuk Pulau Nias sendiri, Pulau Simeuleu, Pulau enggano dan Mentawai.

Pulau Nias terkenal dengan budayanya juga dengan pantainya yang sering dijadikan tempat untuk berselancar bagi para peselancar dunia. Atraksi budaya yang paling terkenal adalah lompat batu dimana seorang pemuda melompati sebuah dinding batu setinggi 2 meter, sedangkan untuk pantainya terutama Pantai Lagundri sering dijadikan perlombaan selancar tingkat dunia karena ombaknya yang besar dan menantang.

Bukit Lawang



Sebuah Aliran Sungai di Desa Bukit Lawang
Bukit Lawang yang adalah merupakan sebuah desa sebagai pintu masuk menuju ke dalah hutan Sumatra yang legendaris. Lokasi Bukit Lawang berada di selatan Taman Nasional Gunung Leuser yang berjarak 90 km dari Kota Medan. Menjelajahi hutan ini adalah sebuah petualangan yang menakjubkan walaupun memiliki medan yang licin serta lereng yang curam dan berlumpur.

Yang menjadi daya tarik utama di hutan ini adalah orang utan yang akan banyak Anda lihat disini karena Bukit lawang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat dan menemukan primata yang langka dan hampir punah ini dan disini terdapat lebih dari 5000 orang utan yang tinggal dan merupakan salah satu komunitas paling besar dari orang utan.

Danau Siombak



Danau Siombak
Lokasi Danau Siombak berada di kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan dan berada diantara dua sungai yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun. Danau Siombak sendiri adalah merupakan danau buatan yang memiliki kedalaman sekitar 12 meter dengan luas sekitar 40 hektar dan berdiameter 1000 meter. Didasar danau banyak ditumbuhisejenis lumt dan ganggang sehingga air danau yang berwarna jernih namun agak kehijauan.

Tempat ini cocok juga digunakan sebagai wisata keluarga karena disekitar danau disediakan berbagai fasilitas untuk anak seperti kolam mini, mandi bola dan lainnya. Oleh karenanya banyak para pengunjung yang datang saat liburan dan menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Medan dan sekitarnya. Anda juga bisa bersantai sambil memancing di danau ini setelah itu hasil ikan dari memancing bisa langsung digoreng atau dibakar untuk kemudian disantap.

Cari tiket cari tiket langsung ke Medan wahhhh kepengen kesana ni tempatnya indah indah ya bikin mata rugi untuk merem, nah itu tadi sedikit tentang pariwisata yang ada disumatra utara ya guys dan bisa menjadi referensi untuk berkunjung, sekian.

0 comments: